Yang Dilakukan Pada Verval Peserta Didik NISN Di Akun Madrasah

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Admin Bawean : Bicara masalah NISN tentunya sangat menarik untuk dibahas karena NISN merupakan nomer unik yang harus di miliki oleh peserta didik selama dia menempuh pendidikan dan bisa mendapatkan pengakuan terutama ketika siswa akan di daftarkan untuk mengikuti ujian Nasional dan juga ketika siswa di daftarkan dalam program bidikmisi dan lainnya.

Begitu pentingnya NISN maka Madrasah sangat bingung ketika peserta didiknya tidak memiliki NISN maka dari itu dengan hadirnya verval peserta didik untuk siswa memiliki yang belum memiliki NISN tentunya merupakan solusi jitu yang dihadirkan Kemenag pusat dalam mengatasi problem NISN di Madrasah.

Dengan adanya hal tersebut maka dengan itu Madrasah harus melakukan hal sebagai berikut :

1. Memastikan Madrasah sudah memiliki akun untuk masuk akun verval peserta didik dan jika belum memiliki akun maka harus daftar melalui link http://sdm.data.kemdikbud.go.id/ dan perlu di ingat untuk Madrasah yang pernah melakukan verval satuan pendidikan pasti sudah punya akun tinggal di cek di status pendaftaran.

2. Setelah akun sudah aktif maka Madrasah lakukan login melalui link http://pd.data.kemdikbud.go.id/

3. Kemudian login dengan akun masing-masing yang sudah di daftar dan setelah sukses login maka Madrasah cukup melakukan pengecekan NISN yang muncul dan perlu diperhatikan untuk siswa yang baru dapat NISN pasti di mulai dengan angka 3 dan setelah itu cek NISN siswa dengan melalui link https://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data  atau bisa akses di link https://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data?nisn=0000000000 dengan cara cukup mengganti URL angka 0000000000 dengan NISN siswa kemudian enter jika muncul seperti gambar dibawah ini maka NISN valid :



Setelah semua siswa sudah di cek kevalidannya seperti gambar di atas maka tugas kita selesai, kita tidak perlu verval lagi karena sistem otomatis yang melakukan verval.

Jika masih ada siswa yang belum muncul di daftar siswa tersebut maka Madrasah perlu melengkapi detail siswa di EMIS dan jika yakin sudah lengkap dan data belum masuk maka kita tinggal menunggu penarikan data dari EMIS ke Verval peserta didik.

“TERIMA KASIH”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *