Twibbon Hari Bhakti TNI Angkatan Udara 2021

Twibbon Hari Bhakti TNI Angkatan Udara 2021

ADMINBAWEAN.COM – Twibbon Hari Bhakti TNI Angkatan Udara 2021 – Hari Bhakti TNI Angkatan Udara Cocok untuk Menghiasi Bingkai Foto di Hari Spesial menggunakan twibbon.

Hari ini diperingati sebagai tonggak kemajuan dan perjuangan TNI AU dalam menjaga dan mempertahankan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945.

Sejarah hari bakti TNI AU ini bermula dari aksi Belanda yang mengingkari perjanjian Linggarjati pada tanggal 21 Juli 1947 dengan Agresi Belanda I.

BACA JUGA : TWIBBON HUT RI KE 76

BACA JUGA : TWIBBON TAHUN BARU ISLAM 1443

Kehancuran pangkalan-pangkalan TNI AU akibat serangan Belanda ini menyebabkan kemarahan prajurit-prajurit TNI AU.

Twibbon Hari Bhakti TNI Angkatan Udara 2021

Twibbon Hari Bhakti TNI Angkatan Udara Dalam keterbatasan dan pantang menyerah, dini hari 29 Juli 1947, Pangkalan Udara Maguwo dalam keadaan masih gelap, digetarkan oleh deru pesawat yang mengemban misi penyerangan ke tangsi-tangsi militer Belanda yang berada di Salatiga dan Ambarawa oleh Kadet penerbang Sutardjo Sigit dan Suharnoko Harbani menggunakan pesawat Chureng.

BACA JUGA : PEDOMAN PERINGATAN HUT RI KE 76 TAHU 2021

BACA JUGA : DOWNLOAD LOGO DAN TEMA HUT RI KE 76

Chureng dilengkapi senapan mesin dengan penembak udara Kaput. Sedangkan, pesawat Sutardjo Sigit dibekali bom-bom bakar dan penembak udaranya Sutardjo. Kadet penerbang Mulyono menyerang Semarang menggunakan pesawat pengebom ”Driver Bomber” Guntei dengan dibebani bom 400 kg dan dilengkapi dua senapan mesin dengan penembak udara Dulrachman.

PASANG TWIBBON DISINI

Sementara itu, Kadet Penerbang Bambang Saptoadji dengan pesawat buru sergap Hayabusha yang bertugas mengawal pesawat yang diawaki Kadet Penerbang Mulyono, terpaksa dibatalkan karena pesawat mengalami kerusakan.

PASANG TWIBBON DISINI

Setelah mengadakan pengoboman di tiga kota itu, ketiga pesawat sebelum jam 6 pagi sudah kembali di Pangkalan Udara Maguwo. Serangan udara ini membuat semangat juang dan rasa percaya diri Bangsa Indonesia, dan sebaliknya di pihak Belanda.

PASANG TWIBBON DISINI

Masih di hari yang sama, sore hari pesawat P-40 Kittyhawk Belanda melakukan serangan balik dengan berondongan peluru dengan sasaran Pesawat Dakota VT-CLA yang membawa obat-obatan sumbangan dari Palang Merah Malaya kepada Palang Merah Indonesia, yang mengakibatkan pesawat oleng lalu jatuh di Desa Ngoto, 3 km sebelah selatan Yogyakarta.

PASANG TWIBBON DISINI

Korban yang gugur dalam musibah itu diantaranya Komodor Muda Udara Adisucipto, Komodor Muda Udara Prof. Dr. Abdulrachman Saleh dan Opsir Muda Udara Adisumarmo.

Gugurnya tokoh-tokoh TNI AU saat itu mengakibatkan rasa kedukaan mendalam karena tenaga dan pikirannya sangat diperlukan untuk membangun dan membesarkan Angkatan Udara.

Peristiwa heroik inilah yang mendasari peringatan Hari Bakti TNI Angkatan Udara yang diperingati setiap tahun.

Demikian informasi Kumpulan Link Twibbon Hari Bhakti TNI Angkatan Udara 2021 yang bisa admin bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *