Target EMIS Verval PD (NISN) 100%

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Admin Bawean : Terobosan baru yang dikeluarkan Kemenag yang bekerjasama dengan Kemendikbud terkait permasalahan siswa yang tidak mempunyai NISN dan NISN yang tidak valid merupakan sebuah solusi yang sangat ditunggu – tunggu oleh Madrasah agar siswa bisa memiliki NISN dengan valid agar yang berkaitan dengan administrasi bisa tertata dengan rapi.

NISN yang merupakan nomer unik yang memuat identitas siswa dan berfungsi sebagai nomer id pengenal bagi siswa yang masih dalam masa pendidikan agar mendapat haknya utamnya dalam mengikuti kegiatan ujian akhir yang diharapkan NISN benar – benar valid.

Terkait dirilisnya vervalpd yang dimana hak akses bisa di dapat oleh lembaga merupakan sebuah hal yang sangat bagus untuk Madrasah betul – betul mengecek kevalidan datanya sesuai isian yang dilakukan di EMIS Madrasah.

Dengan digeneratenya NINS untuk tingkat MA di vervalpd tentunya untuk jenjang dibawahnya akan menyusul dan kita tidak tahu kapan akan digenerate untuk tingkat MI dan MTs maka untuk itu agar kita dapat NISN yang betul – betul VALID setelah digenerat ke verval PD maka kita harus melakukan update data di EMIS di antaranya hal – hal yang harus kita lakukan adalah sebagai berikut :

1. Memastikan memiliki akun yang sudah terdaftar aktif di link http://sdm.data.kemdikbud.go.id/

2. Memastikan NPSN terdaftar aktif di https://referensi.data.kemdikbud.go.id/

3. Memastikan atribut data pokok lengkap dan valid di EMIS terkait profil siswa dan detail siswa juga isian Madrasah agar terbaca di vervalpd dan hal ini di usahakan segera tuntas dan valid karena kalo tidak maka data tidak bisa tergenerate untuk mendapatkan NISN bagi yang belum.

4. Memastikan NISN valid dan kemudian di input di EMIS karena jika NISN siswa valid tapi di EMIS di kosongi maka siswa akan di terbitkan NISN baru yang akhirnya siswa memiliki NISN doble.

5. Poin penting diharapkan data yang terinput betul – betul valid agar juga memudahkan kita dalam merapikan administrasi.


“TERIMA KASIH”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *