Tanya Jawab Seputar VervalPd (NISN)

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Admin Bawean : Sehubungan dengan dekatnya pelaksanaan Ujian Nasional yang dimana Madrasah harus melakukan pendataan terkait itu dan diantara salah satu yang akan admin bahas adalah vervalpd (NISN) yang dimana saat ini ramai diperbincangkan di berbagai group dengan bermacam persoalan yang terjadi.

Dengan di rilisnya vervalpd dengan tampilan baru dan sistem kerja yang baru tentu ada hal-hal di buat bingung teman – teman sebagaiman admin lihat dilapangan banyak yang mempertanyakan terkait vervalpd ini. Maka admin mencoba merangkum beberapa pertanyaan dan jawaban semoga bisa membantu teman-teman yang masih bingung. 

Langsung saja ke pembahasan diantaranya :

Q : Apakah akun yang digunakan untuk login ke vervalpd NISN dengan URL : http://pd.data.kemdikbud.go.id/kemenag ?
A : Akun yang sudah terdaftar di link URL : https://sdm.data.kemdikbud.go.id/index.php

Q : Akun di SDM sudah terdaftar lama tapi tidak bisa login kenapa?
A : Lakukan Reset pasword dengan cara masuk ke halaman SDM lalu klik lupa pasword dan ikuti alur selanjutnya maka setelah di reset gunakan pasword yang baru tersebut.

Q : Apa bedanya link 1 http://pd.data.kemdikbud.go.id/kemenag dengan URL link 2 http://pd.data.kemdikbud.go.id/ ?
A : Klo yang link 1 dikhususkan untuk melakukan perubahan jika ada kesalahan tapi kalo kalo link 2 cuma bisa melihat – lihat tanpa bisa melakukan perubahan.

Q : Kenapa untuk jenjang MTs dan MA data yang masuk ke vervalpd (NISN) tidak sesuai dengan data di EMIS?
A : Karena sebagian data belum terproses jadi silahkan ditunggu dan juga bisa jadi data siswa belum lengkap dan segera lengkapi.

Q : Kenapa di akun vervalpd jenjang MI masih kosong isinya?
A : Karena untuk jenjang MI belum di proses yakni mendahulukan kakak kelasnya MTs dan MA yang diburu pendataan Ujian.

Q : Kenapa akun yang baru mendaftar belum bisa login padahal status akun sudah aktif?
A : Karena akun yang baru terdaftar masih dalam proses dan juga webnya juga belum stabil jadi cukup ditunggu dulu nanti pasti bisa login

Q : Kenapa tanggal lahir siswa di vervalpd (NISN) untuk tingkat MTs ada yang memiliki tahun 1900 dan apakah perlu di edit jika seperti itu?
A : Karena masih dalam proses nanti akan berubah sendiri, tidak perlu di edit yang penting tanggal lahir di EMIS sudah sesuai nanti akan mengikuti.

Q : Apakah siswa yang belum punya NISN bisa dapat NISN di vervalpd (NISN)?
A : Bisa, asal di EMIS kolom NISN di kosongi dan data yang lain di lengkapi.

Q : Bagaimana jika dikolom NISN di vervalpd berwarna kuning atau tidak belum muncul NISN?
A : Sabar saja yang terpenting kita sudah mengikuti prosedur yang ada yakni sudah melakukan update data di EMIS.

Q : Apakah kita bisa mengambil/claim NISN siswa yang sesuai dengan ijazah?
A : Bisa selama NISN yang tercantum di ijazah belum di miliki orang lain?

Q : Bagaimana caranya claim NISN yang tertera di ijazah?
A : Masuk akun vervalpd kemudian masuk menu edit NISN dan ikuti petunjuk selanjutnya dan jangan lupa lampirkan file ijazah atau Scren Shot NISN

Q : Kenapa NISN di vervalpd setelah di cek tidak terdaftar padahal NISN baru dengan awalan angka 3 dan bagaimana mengatasinya?
A : Bisa jadi karena tidak sempurna tergenerate dan cara mengatasinya bisa masuk ke link https://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data dan lakukan pencarian berdasarkan nama dan jika belum muncul maka cek besoknya dan besoknya lagi karena kasus ini sama dengan yang admin alami tapi setelah satu minggu akhirnya muncul juga dengan NISN yang berbeda.

Pada intinya kita diharapkan bersabar dan tetap selalu memantau dan selalu melakukan pengecekan dan jika ditemukan NISN sudah valid artinya NISN yang tercantum dengan profil yang sudah sesuai dengan dokumen seperti ijazah atau akta maka bisa kita update ke EMIS jika sebelumnya kolom NISN dikosongi atau NISN yang tercantum di emis bukan milik siswa bersangkutan.

Semoga rangkuman ini bisa mewakili berbagai pertanyaan yanng sudah dipertanyakan di berbagai group kami hanya mencoba mengumpulkan kemungkinan masih ada teman – teman yang belum mengetahui.



“TERIMA KASIH”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *