Sinkronisasi Data Siswa di EMIS Ke Sispena Untuk Melengkapi Data Akreditasi

Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh.

Admin Bawean : Siang tadi admin mendengar kabar kalo EMIS sudah syncron dengan sispena dan alhamdulillah admin juga dengar yang sudah sukses tapi setelah admin share terkait Emis sudah bisa syncron dengan sispena masih ada teman – teman yang mengalami tidak bisa menyingkronkan data artinya ketika klik tarik data ternyata tidak ada perubahan dan setelah admin telusuri ternyata ada yang belum dilengkapi makanya daata tidak ada perubahan.

Untuk melakukan proses sinkroniasi jumlah siswa dan rombongan belajar dari EMIS ke SISPENA, terlebih dahulu harus melengkapi “Data Rombongan Belajar”.bukan pada Ringkasan siswa ataupun jumlah siswa di siswa aktif.

Adapun Langkah-langkah untuk melengkapi data rombongan belajar di emis adalah sebagai berikut:


2. Klik menu Sarana Prasarana 

3. Klik submenu “Rincian Data Ruangan”

pada menu ini ada beberapa data berbagai jenis ruangan mulai ruang kelas hingga ruang kantin tergantung kita dalam mengisi sebelumnya. Jika belum ada, atau rombel yang dituju tidak ada, maka kita wajib menambah data tersebut agar data yang kita inginkan muncul dan tentunya tergantung dari apa yang kita tambahkan dengan cara mengklik “Tambah Data” lalu isikan data-data yang diminta.

4. Setelah ruangan kelas lengkap sesuai dengan ruang kelas dan rombel yang kita miliki. 

5. Kemudian klik tanda segitiga di tombol “Aksi”

6 Maka akan Muncul pilihan beberapa menu, pilih “Rombongan Belajar”

7. Setelah itu akan Muncul “Data Rombongan Belajar”, klik tombol “Tambah Data”
dan muncul kotak dialog “Data Rombongan Belajar”, isikan jumlah siswa laki-laki dan perempuan termasuk tahun pelajaran jika di data tersebut tidak tertera tahun pelajaran saat ini. dan kemudian simpan

8. Proses tersebut lakukan berkali – kali sampai ruang kelas yang kita miliki terisi semua yang tentunya mulai dari klik submenu “Rincian Data Ruangan” sebagaimana langkah sebelumnya.

9. Jika sudah selesai maka bisa lakukan sinkronisasi data rombel dan siswa di SISPENA dan jika data ruangan sebelumnya sudah terisi lengkap tapi tidak terbaca di SISPENA maka cukup lakukan simpan ulang dan ingat jangan pernah menghapus data ruangan kelas yang sudah dibuat karena jika nanti input lagi maka bisa terbaca doble di SISPENA karena SISPENA membaca data kode rombel sebelumnya jadi cukup simpan ulang saja.

Kalo proses diatas sudah dilakukan insyaallah data akan berubah sesuai yang sudah kita input di EMIS.


“TERIMA KASIH”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *