PPG PAI Secara Nasional Serentak Dilaksanakan Kemenag

PPG PAI Secara Nasional Serentak Dilaksanakan Kemenag – Penyelenggaraan Pendididikan Profesi Guru (PPG) dalam Jabatan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada sekolah dilaksanakan serentak secara daring.

Sesuai dengan amanah PP 55 tahun 2007 Profesi guru pada satuan pendidikan formal menjadi tugas dan tanggung jawab pemerintah untuk memberikan jaminan mutu yang berkualitas.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Muhammad Ali Ramdhani menyampaikan upaya kemenag untuk meningkatkan profesionalitas guru dilakukan salah satunya melalui pendidikan profesi guru.

PPG PAI Secara Nasional Serentak Dilaksanakan Kemenag

BACA JUGA : Instruktur Dilatih Aplikasi Learning Mangement System, PPG Madrasah Sepenuhnya Daring

BACA JUGA : Jadwal Pelaksanaan PPG Daljab Kemenag Mapel Umum

“Pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru merupakan upaya Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) dalam mengembangkan karir dan profesi guru agama pada Madrasah dan Sekolah.

Pelaksanaan PPG berbasis daring menggunakan learning management sistem (LMS) yang dikembangkan oleh Ditjen Pendis yang diberi nama SPACE (Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik) sebagai penunjang pelaksanaan program PPG dalam Jabatan untuk mapel agama baik pada madrasah maupun sekolah.

BACA JUGA : Kumpulan Alamat POS dan CP LPTK PPG Madrasah Tahun 2021

BACA JUGA : Kumpulan Link Lapor Diri Mahasiswa PPG Kemenag Tahun 2021

Dhani menjabarkan pelaksanaan PPG diikuti oleh guru mapel agama pada madrasah dan sekolah yang dibiayai oleh anggaran pendapatan belanja negara (APBN) dan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD).

Jumlah Guru Ikut PPG PAI

Sebanyak 7.000 guru madrasah mata pelajaran agama dan 5.000 guru PAI mengikuti PPG yang dibiayai dari APBN, dan 2.887 guru PAI mengikuti PPG dengan biaya dari Pemerintah Daerah.

Ucapan terima kasih disampaikan Dhani kepada pemerintah daerah yang turut berpartisipasi dalam pelaksanaan PPG saat ini.

Pelaksanaan PPG dapat berjalan dengan lancar dan peserta dapat memenuhi passing grade yang telah ditentukan.

Kemenag menetapkan passing grade kelulusan peserta PPG sebesar 70. Semoga pelaksanaan PPG dapat berjalan dengan optimal.

Untuk diketahui, pelaksanaan PPG tahun 2021 ini dilakukan melalui dua tahap, tahap pertama dilaksanakan pada tanggal 2 juni s.d. 30 agustus, dan tahap kedua dilaksanakan pada tanggal 1 september s.d. 4 desember 2021.

Rohmat mulyana Sapdi selaku Plt. Direktur Pendidikan Agama Islam menambahkan bahwa pelaksanaan PPG PAI diselenggarakan di 28 Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (LPTK).

Kemenag laksanakan PPG PAI secara serentak di 28 LPTK terdaftar.

Rohmat juga menjabarkan tahapan yang harus diselesaikan oleh guru dalam mengikuti PPG Dalam Jabatan pada tahun ini. Yakni pendalaman materi, pengembangan perangkat pembelajaran, praktik pengalaman lapangan, ujian kinerja, dan ujian pengetahuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *