Perbedaan Menu Search di Siswa Aktif dengan Menu Modul Pencarian Siswa EMIS Online 2018

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Admin Bawean : Education Manageman Information Sistem Madrasah sudah baik namun belum maksimal (duplikasi data siswa dan PTK, data tidak rasional/tidak valid, keterlambatan pengiriman data, data belum terekspose/terpublikasi secara maksimal.
Dari sekian banyaknya permasalahan yang dihadapi oleh pejuang data dalam melakukan updating data di aplikasi EMIS online 2018 ini. tidak sedikit dari mereka yang mengeluhkan permasalahan yang ada dilapangan. dalam hal ini TIM EMIS pusat masih mengupayakan agar aplikasi EMIS bisa diakses dengan normal tanpa adanya hambatan yang berarti bagi para pengelola data.

EMIS online 2018 sedikit demi sedikit sudah menunjukkan upaya perbaikan dan kemudahan untuk para pengelola data. Berapa minggu ini EMIS pendis mengeluarkan fitur penambahan siswa baru yang dimana menu siswa baru ini terdapat dua pilihan yaitu menu siswa baru yang ditarik dari siswa jenjang sebelumnya dengan menggunakan NSM madrasah jenjang sebelumnya dan ada juga menu siswa baru yang dari sekolah umum yang dimana menu ini menyediakan form untuk melakukan entri data siswa baru. 

Ketika kita melakukan penarikan data siswa, entri data siswa dan mutasi data siswa kadang data siswa itu tidak ada pada menu siswa aktif. ini yang membuat para pengelola data EMIS madrasah kebingungan. kenapa tidak data yang sudah diyakini tersimpan degan baik tapi ketika di cek di menu siswa aktif mala tidak ada. disini fungsi dari MENU SEARCH yang ada disiswa aktif yang intinya berfungsi untuk mencari data yang tidak muncul di siswa aktif tapi masih dalam database madrasah. Menu ini sangat bermanfaat bagi para pengelola data EMIS madrasah yang kebingungan dengan siswanya yang tidak muncul di siswa aktif.

Disaat pendataan CAPESUN bebeberapa bulan yang lalu dimana kita untuk mendaftarkan siswa kita yang akan ikut ujian Nasional tahun pelajaran 2017/2018 kita juga dibingungkan dengan ketidak munculan siswa kelas akhir disiswa aktif tapi dengan menggunakan MENU SEARCH ini akhirnya siswa bisa ditemukan.

Beralih pada fungsi MENU MODUL PENCARIAN SISWA ini berfungsi untuk mencari data siswa aktif kita di database pusat dimana menu ini berfungsi mencari siswa kita di database EMIS secara umum MENU ini akan memuncul semua data yang berkaitan dengan keyword yang kita ketik kecuali kita mempersempit pencarian dengan menuliskan nama siswa lengkap ataupun menggunakan NISN atau NISM agar siswa yang akan kita cari muncul tanpa siswa lai yang muncul.

Dari keterangan diatas bisa kita tarik kesimpulan bahwa MENU SEARCH di siswa aktif itu hanya berfungsi mencari siswa kita sendiri yang ada di database EMIS madrasah kita sedangkan MENU MODUL PECARIAN itu berfungsi mencari siswa kita sendiri dan siswa madrasah lain yang berada di  database EMIS tinggal kita saja yang mengelola keyword untuk melakukan pencarian data.


“TERIMA KASIH”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *