Penyebab Siswa di EMIS Tidak Sama Dengan Verval PD (NISN)

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Admin Bawean : Lahirnya PDUN untuk Madrasah banyak menimbulkan permasalahan utamanya data siswa yang dimana data siswa yang terinput di EMIS tidak semuanya masuk ke vervalpd hal tersebut berdampak ke aplikasi PDUN yang baru saja rilis kemaren karena PDUN untuk untuk Madrasah mengambil datanya dari vervalpd dan vervalpd dasarnya adalah EMIS tapi tidak semua data di EMIS masuk kevervalpd.

Terkait hal tersebut tentu banyak menimbulkan pertanyaan dan di ikuti keresahan karena khawatir datanya tidak tercover ke PDUN. tapi jangan khawatir selama data sudah terinput ke EMIS maka kita termasuk aman hanya saja nunggu tim pengembang melakukan generate dan perbaikan.

Setelah admin melakukan analisa terhadap data akun yang admin pegang karena kebetulan admin banyak memegang akun dan permasalahan tersebut menyimpukan bahwa data EMIS di vervalpd (NISN) tidak sama disebabkan oleh :

1. Data belum tergenerate 

2. Saat ada penarikan siswa belum terinput di EMIS atau sudah terinput tapi masih peroses menunggu persetujuan atau masih tercatat di refrensi

3. Siswa sudah tergenerate tapi dalam antrian.

3. Data siswa sudah di generate tapi terjadi bentrok yang akhirnya data tidak bisa masuk yang di maksud bentrok itu seperti ini contohnya : Siswa di EMIS sudah sesuai dengan data yang valid tapi data atribut di NISN ada kesalahan atau perbedaan dengan data yang sebenarnya yang akhirnya ketika dilakukan pemadanan data sistem menolak karena di EMIS kolom NISN di isi yang harusnya di kosongi karena siswa secara tidak langsung belum memiliki NISN hal tersebut dikarenakan atribut yang tercatat di NISN bukan atribut data yang kita input di EMIS.

Untuk hal tersebut bisa kita atasi dengan cara masuk ke EMIS kemudian masuk ke menu siswa aktif kemudian masuk ke profil siswa lalu hapus NISN selanjutnya klik SIMPAN. biarkan sistem vervalpd yang memberikan NISN secara otomatis jika atribut di NISN dengan data di EMIS yang kita input memiliki kemiripan maka NISN itu akan tetap masuk ke vervalpd kita tidak akan digantikan dengan NISN baru tapi jika atribut di NISN beda dengan data yang ada di EMIS maka secara otomatis sistem akan memberikan NISN baru dan kemudian jika kita ingin merubah NISN sesuai dengan ijazah maka lakukan claim NISN atau edit NISN. 

Setelah hal tersebut dilakukan kita tinggal menunggu proses penarikan data selanjutnya.

Intinya pastikan data di EMIS sudah valid untuk selanjutnya kita tinggal nunggu biarkan pengembang yang bekerja.


“TERIMA KASIH”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *