Pedoman Bentuk, Spesifikasi Teknis, Tata Cara dan Mekanisme Pengisian Blangko Ijazah SD, SDLB, SMP, SMPLB, SMA, SMALB, SMK, dan SPK Tahun 2019

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Admin Bawean : Pelaksanaan Ujian Nasional yang dilaksanakan secara berjenjang baik dari tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK sudah terlaksana dengan baik yang tentunya hal tersebut di dukung oleh usaha keras dari Sekolah/Madrasah dalam memberikan persiapan jauh- jauh sebelumnya, apalagi tingkatan SMP/MTs sampai SMK yang mayoritas pelaksanan ujiannya menggunakan Computer Based Test (CBT) yang tahun sebelumnya pelaksanaannya menggunakan Computer Based Test yang menjadi ukuran tingkat kejujuran seorang siswa dalam menempuh ujian akhir sebagai tolak ukur dari hasil belajar selama tiga tahun lamanya.

Setelah pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tentunya siswa akan memperoleh sebuah pengakuan dalam bentuk bukti fisik berupa ijazah yang nantinya bisa digunakan untuk bukti siswa dalam meneruskan jenjang pendidikannya ataupun bisa digunakan untuk pendukung dalam mencari kerja yang membuktikan bahwa anak tersebut sudah menempuh sebuah pendidikan yang dibuktikan dengan kepemilikan ijazah.

Setiap tahunnya dalam penulisan ijazah tentunya kita berpedoman dengan aturan yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan agar dalam penulisannya tidak bingung dan tentunya agar memiliki kesamaan format penulisan yang sesuai dengan ketentuan.

Dalam penulisan ijazah sebagaimana tahun – tahun sebelumnya bahwa penulisan ijazah harus menggunakan tulisan tangan yang tentunya bagus dan paling utama rapi karena ini merupakan dokumen penting peserta didik yang akan menjadi bukti bahwa peserta didik sudah menempuh pendidkan dan sudah mempelajari materi – materi dalam pendidikan.

Petunjuk umum pengisian blangko ijazah

1. Ijazah untuk SD, SDLB, SMP, SMPLB, SMA, SMALB, SMK, dan SPK diterbitkan oleh satuan pendidikan yang bersangkuta.

2. Terdapat tiga jenis ijazah, yaitu : ijazah untuk sekolah yang mengunakan kurikulum 2006, ijazah untuk sekolah yang menggunakan kurikulum 2013, dan ijazah untuk satuan pendidikan kerjasama (SPK)..

Contoh Kode Blangko

Kode                                                                                                     Keterangan

DN-01/M-SMA/06/0000001                                                                  Kurikulum 2006

DN-01/M-SMA/13/0000501                                                                  Kurikulum 2013

DN-01/M-SMA/SPK/0001001                                                              SPK

3. Ijazah terdiri dari dua muka dicetak bolak balik, dimana identitas dan redaksi dihalaman muka, hasil ujian/daftar nilai ujian dihalaman belakang.

Disini kami tulis tiga poin saja untuk lebih lengkapnya bisa BISA DI DOWNLOUD DISINI SEKARANG



“TERIMA KASIH”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *