Panduan Lengkap E-Learning Untuk Madrasah

Panduan Lengkap E-Learning Untuk Madrasah – E-learning Madrasah adalah sebuah aplikasi gratis produk Madrasah yang ditujukan untuk menunjang proses pembelajaran di Madrasah dari mulai Raudatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidayah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA), agar lebih terstruktur, menarik dan interaktif.


E-learning Madrasah bukanlah aplikasi sesaat yang hanya di pergunakan pada masa pendemi ini, tapi E-learning Madrasah adalah  aplikasi yang disiapkan untuk menyongsog relovolusi industri 4.0, dimana dengan E learning akan tercipta digital pembelajaran, digital perangkat pembelajaran, dan digital monitor.


“Dalam e-Learning Madrasah, siswa-siswi mendapatkan beragam fitur yang mampu memudahkan mereka mendapatkan informasi serta pembelajaran dengan cepat,”


Fitur tersebut antara lain Kelas Online. Fitur Kelas Online ini berisi berbagai konten. Mulai dari awal proses pembelajaran, pembuatan standar kompetensi, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), materi pembelajaran, jurnal guru, pengolahan penilaian harian, ujian berbasis komputer (CBT) hingga pengolahan nilai rapor.

Fitur berikutnya Guru Berbagi. Fitur guru berbagi ini adalah Platform yang akan menampung kreativitas guru madrasah di seluruh Indonesia untuk saling berbagi informasi apapun yang bermanfaat.


Nantinya guru tinggal mengunggah informasi tersebut  dalam kolom dengan mudah. Selain itu, siapapun dapat berkomentar dan memberi masukkan, bahkan menyukai unggahan tersebut.


Kemudian yang ketiga Forum Komunitas Madrasah.  Dalam e–Learning Madrasah ini, siswa dan guru dapat dengan mudah berbagi ide dan membuka forum diskusi, karena di dalamnya terdapat media sosial untuk saling berkomunikasi antara guru dan siswa. Pengguna juga dapat saling berkomentar dan berbagi ide atau gagasan dalam fitur chat. E-Learning Madrasah dibuat senyaman mungkin bagi para pengguna agar mampu menarik semangat belajar dengan mudah, cepat di manapun dan kapanpun.

Maka dari itu E-learning Madrasah memiliki 6 role akses diantaranya :

  1. perator Madrasah (Administrator).
  2. Guru Mata Pelajaran.
  3. Guru Bimbingan Konseling.
  4. Wali Kelas.
  5. Siswa.
  6. Supervisor (Kepala Madrasah dan Pengawas).

Aplikasi E-learning Madrasah ini bisa digunakan dengan 2 metode yakni;

  1. Online Learning (siswa dan stakeholder dapat mengakses elearn-ing madrasah dinamapun melalui jarngan internet) dan 
  2. Offline Learning (siswa dan stakeholder dapat mengakses elearn-ing madrasah dari lingkungan madrasah melalui jarngan internet lokal).
Jika pilihannya Online maka Anda harus masukkan Alamat online Learning Anda Contoh : elearning.ypi.sch.id atau ip publik dan port (192.169.1:8094) yang dapat diakses online serta masukkan Password Akun Operator E-learning Online Anda.


Untuk file panduan lengkap e-learning untuk Madrasah Bisa Download Disini


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *