Kumpulan Modul PKB Kepala Madrasah

Kumpulan Modul PKB Kepala Madrasah – Kajian tentang pengelolaan sumber daya manusia di madrasah sebagai materi kedua dalam Modul ini mencakup 2 (dua) hal, yaitu 1) pengelolaan peserta didik baru, serta 2) pengelolaan guru dan tenaga kependidikan.

Pengelolaan sumber daya madrasah merupakan salah satu kunci atau tolok ukur terhadap efektivitas dan efisiensi keberhasilan kinerja kepala madrasah.

Di samping itu pengelolaan sumber daya madrasah yang berkualitas akan mampu menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif. Dengan demikian, madrasah dapat mewujudkan visi-misi yang telah dirumuskan bersama.

Kumpulan Modul PKB Kepala Madrasah
Kumpulan Modul PKB Kepala Madrasah

BACA JUGA : KUMPULAN MODUL PENGAWAS MADRASAH

BACA JUGA : KUMPULAN MODUL GURU MI/MTs DAN MA

Pada kegiatan pembelajaran yang mengkaji tentang usaha pengembangan madrasah dalam Modul ini, maka Kepala Madrasah akan diarahkan untuk dapat merumuskan visi, misi, tujuan madrasah.

sesuai dengan realita dan dinamika perubahan, menciptakan budaya kerja madrasah menuju organisasi yang interaktif dan dinamis, mengembangkan jejaring kemitraan yang mendukung penyelenggaraan pendidikan dan pada akhirnya mampu mengembangkan madrasah sebagai komunitas pendidikan yang berkualitas.

BACA JUGA : PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN GURU PKB SERTA SINERGI IMPLEMENTASI

BACA JUGA : MATERI TEKNIS KEGIATAN PKB GURU

Untuk melengkapi kompetensi manajerial Kepala Madrasah, maka bahan pembelajaran pada materi keempat dalam Modul ini akan memfasilitasi Kepala Madrasah untuk meningkatkan kepemimpinan dalam mengelola sistem administrasi dan informasi madrasah.

Untuk dapat mengimplementasikan isi modul ini saudara harus melibatkan seluruh warga madrasah, pemangku kepentingan yang terlibat di madrasah, dan masyarakat.

Modul Kepala Madrasah Dibagi 4

  1. Kesatu Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah.
  2. Kedua Pengelolaan Sumber Daya Manusia di Madrasah.
  3. Ketiga Usaha Pengembangan Madrasah, dan
  4. Keempat Sistem Administrasi dan Informasi Madrasah. Setiap materi terdiri dari beberapa kegiatan pembelajaran. Setiap kegiatan

pembelajaran akan membantu Saudara untuk memperoleh pengalaman yang nantinya dapat diterapkan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari Saudara sebagai kepala madrasah.

Di akhir setiap materi Saudara harus membaca penguatan materi, mengerjakan latihan soal dan umpan balik dalam rangka meningkatkan pengetahuan Saudara tentang Kompetensi Manajerial secara menyeluruh.

Tujuan Modul Kepala Madrasah

Setelah mempelajari dan mengikuti kegiatan pada Modul PKB Kepala Madrasah ini, peserta diharapkan dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan, yaitu:

  1. Menyusun perencanaan madrasah dalam berbagai skala perencanaan;
  2. Mengelola guru dan tenaga kependidikan dalam rangka pemberdayaan sumber daya manusia secara optimal;
  3. Mengelola peserta didik untuk penerimaan peserta didik baru dan pengembangan kapasitas peserta didik;
  4. Mengembangkan madrasah sesuai dengan kebutuhan;
  5. Mengelola sistem informasi madrasah untuk penyusunan program dan pengambilan keputusan;
  6. Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi bagi peningkatan pembelajaran dan manajemen madrasah.

Indikator Pencapaian Tujuan PKB Kepala Madrasah

  • 1.1. Menyusun Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah (RKAM) berdasarkan hasil analisis konteks atau analisis laporan evaluasi diri madrasah (EDM);
  • 1.2. Menyusun rencana monitoring dan evaluasi program madrasah serta melakukan tindak lanjut hasil monitoring dan evaluasi;
  • 2.1. Merencanakan program pengelolaan dan penilaian kinerja pendidik dan tenaga kependidikan;
  • 3.1. Menyusun program kerja penerimaan peserta didik baru yang mencakup rancangan kegiatan seleksi, orientasi dan pengenalan lingkungan madrasah, serta penempatan peserta didik baru sesuai dengan potensi, kompetensi, bakat, dan minat;
  • 4.1. Merumuskan visi, misi, tujuan madrasah sesuai dengan realita dan dinamika perubahan;
  • 4.2. Mengembangkan budaya kerja madrasah dan jejaring kemitraan yang mendukung penyelenggaraan pendidikan di madrasah;
  • 5.1. Merencanakan pembuatan sistem informasi madrasah untuk penyusunan program pembelajaran dan manajemen madrasah;
  • 6.1. Menyusun program peningkatan sistem administrasi madrasah berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Untuk file lengkap Kumpulan Modul PKB Kepala Madrasah bisa —– DOWNLOAD DISINI —–

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *