Juknis Madrasah Young Researchers Supercamp (MYRES) Tahun 2021

Juknis Madrasah Young Researchers Supercamp (MYRES) Tahun 2021 – Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi dan informasi saat ini, generasi muda sebagai penerus bangsa menjadi salah satu faktor penentu dalam mewujudkan kemajuan peradaban bangsa yang semakin maju.

Salah satu sifat generasi muda yaitu rasa ingin tahu yang begitu tinggi sangat perlu diberikan wadah dalam menampung ide-ide ilmiah secara mendalam.

Salah satunya adalah dengan memberi kesempatan kepada generasi muda yang mempunyai minat bakat di bidang penulisan ilmiah untuk menuangkan ide-ide kreatif dan inovatif adalah dengan mengadakan kegiatan Madrasah Young Researchers Supercamp.

Juknis Madrasah Young Researchers Supercamp (MYRES) Tahun 2021
Juknis Madrasah Young Researchers Supercamp (MYRES) Tahun 2021

BACA JUGA : Juknis KSM (Kompetisi Sains Madrasah) Tahun 2021

BACA JUGA : Surat Edaran Aplikasi Rapot Digital Madrasah (RDM)

Pada masa pandemi Covid-19 yang masih berlangsung saat ini aktifitas belajar mengajar masih dalam tahap penyesuaikan dari tatap muka di dalam kelas menjadi kegiatan belajar mengajar secara online.

Perubahan tersebut dimaklumi karena memang salah satu cara yang pada saat ini harus ditempuh dalam upaya bersama memutus rantai penyebaran Covid-19.

BACA JUGA : Kumpulan File Pendalaman AKM

BACA JUGA : Jadwal Copa America 2021 Lengkap

Akan tetapi berdasarkan SKB 4 Menteri terbaru telah ditetapkan bahwa pada tahun ajaran baru di bulan Juli 2021 institusi pendidikan dan sekolah diharapkan mulai melakukan pembelajaran tatap muka secara terbatas dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat.

Hal ini menunjukkan bahwa negara terus berupaya memberikan kesempatan yang seluas luasnya kepada dunia pendidikan untuk melakukan peningkatan mutu pendidikan dan memberikan kesempatan kepada siswa dan generasi muda tetap melakukan pembelajaran, berprestasi dan berinovasi walaupun dalam masa-masa pandemi Covid-19.

Pelaksanaan kegiatan Madrasah Young Researchers Supercamp dari tahun ke tahun semakin menunjukkan peningkatan baik dari segi kualitas maupun kuantitas, hal ini telah ditunjukkan adanya beberapa karya siswa pemenang MYRES telah menjuarai ajang kompetisi di level internasional serta masuk dalam jurnal-jurnal ilmiah internasional. Disamping itu jumlah pendaftar juga terus mengalami peningkatan yang sangat signifikan.

Kompetisi Madrasah Young Researchers Supercamp ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2017, semula bernama Lomba Karya Tulis Ilmiah.

Jenis Yang Dilombakan dalam MYRES

  1. Kategori Matematika, Sains dan Pengembangan Teknologi.
  2. Ilmu Sosial dan Humaniora; dan
  3. Ilmu Keagamaan Islam.

Kegiatan MYRES ini merupakan perwujudan amanat Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah terus berupaya untuk membina dan mengembangkan bakat, minat dan prestasi siswa melalui kegiatan kesiswaan.

Sesuai dengan undang-undang tersebut, Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan sebagai acuan dalam pengembangan dan pelaksanaan pembinaan kesiswaan.

Menindaklanjuti undang-undang dan peraturan menteri tersebut, Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam telah mengembangkan dan melaksanakan berbagai program pembinaan bakat dan prestasi siswa Madrasah Aliyah dan Tsanawiyah melalui berbagai kegiatan kesiswaan.

Melalui kegiatan yang dilaksanakan diharapkan siswa berbakat dan berprestasi dapat memacu potensinya menjadi generasi yang kompetitif dan berperilaku unggul; generasi yang memiliki keunggulan dan keseimbangan dalam aspek kognitif, psikomotorik dan afektif.

Untuk menghidupkan kegiatan penelitian di kalangan siswa Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah dilakukan lomba penelitian ilmiah dalam berbagai bidang ilmu yang dikemas dalam suatu kegiatan yang disebut Lomba Karya Tulis Ilmiah Siswa Madrasah Berbasis Rise dengan nama kegiatan lomba “Madrasah Young Researchers Supercamp” (MYRES)

Tujuan Madrasah Young Researchers Supercamp (MYRES)

Kompetisi Madrasah Young Researchers Supercamp (MYRES) Siswa Madrasah Berbasis Riset bertujuan:

  1. Memberikan peluang seluas luasnya dalam ruang gerak terbatas untuk tetap menggali keahlian dan pemikiran kreatif melalui riset dalam tatanan New Normal di masa Pandemi Covid-19;
  2. Memotivasi siswa Madrasah untuk berkreasi dalam berbagai bidang ilmu sesuai dengan minat dan bakatnya;
  3. Membangun integritas dan sikap bertanggung jawab (sikap yang terkait dengan kepedulian terhadap lingkungan), kemampuan beradaptasi dengan kondisi yang saat ini terjadi, kemampuan berpikir logis dan analitis, kemampuan bekerja sama dalam kelompok, kemandirian, kepercayaan diri, serta keterampilan berkomunikasi dan kemampuan menulis karya ilmiah;
  4. Sarana pembelajaran bagi siswa/i Madrasah dalam menuangkan ide-ide dan gagasan kreatif yang dituangkan dalam tulisan;
  5. Menumbuhkembangkan budaya meneliti di kalangan siswa/i Madrasah;
  6. Mendorong pencapaian hasil penelitian yang orisinal, berkualitas, dan kompetitif.
  7. Mengembangkan potensi intelektual dan daya pikir kritis bagi siswa/i terhadap situasi yang berkembang;
  8. Menciptakan generasi muda yang berprestasi dan produktif dalam berkarya;
  9. Menyiapkan siswa/i Madrasah untuk siap bersaing di era revolusi industri 4.0

Hasil Yang Diharapkan Dari Madrasah Young Researchers Supercamp (MYRES)

Hasil yang diharapkan dari Kompetisi Madrasah Young Researchers Supercamp (MYRES) Siswa Madrasah Berbasis Riset adalah:

  1. Memaksimalkan kemampuan siswa/i madrasah untuk terus kreatif dan berkomitmen melakukan aktivitas dengan protokol kesehatan.
  2. Termotivasinya siswa/i Madrasah berkreasi pada bidang ilmu sesuai minat dan bakatnya;
  3. Terbangunnya integritas dan sikap tanggung jawab, percaya diri, serta terampil dalam berkomunikasi, berfikir logis dan analistis melalui ide-ide baru yang dituangkan dalam karya ilmiah;
  4. Berkembangnya budaya meneliti di kalangan Madrasah yang dapat menghasilkan peneliti berkualitas dan kompetitif;
  5. Mengembangkan Siswa untuk berpikir kritis dan sikap intelektual; terciptanya generasi yang berprestasi dan produktif.

Untuk file lengkap Juknis Madrasah Young Researchers Supercamp (MYRES) Tahun 2021 bisa ——— DOWNLOAD DISINI ———-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *