Cara Mengisi Template Exel Untuk di Aploud di Aplikasi Pangkalan Data Ujian Madrasah (PDUM) TAPEL 2018/2019

Assalamualaikum Wrahmatullahi Wabarakatuh

Admin Bawean : Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional tak terasa akas segera kita temui tahun 2019 nanti yang dimana hal tersebut merupakan rutinitas Madrasah setiap tahunnya untuk menguji kemampuan siswa / siswi belajar/ mengenyam pendidikan selama 3 tahun lamanya.

Hal tersebut merupakan sebuah kegiatan yang sangat penting sebagai tolak ukur kemampuan siswa / siswi dalam memahami pelajaran agama yang diberikan selama 3 tahun agar siswa / siswi lulus dalam keadaan bisa memahami ilmu utama dibidang agama.

Kegiatan Ujian Akhir Madrasah Berstandar nasional berbeda dengan kegiatan sebelumnya yakni saat ini kita difasilitasi sebuah aplikasi baru yang bergelar Pangkalan Data Ujian Madrasah (PDUM) yang dimana kita memiliki kewajiban dalam hal mendaftarkan siswa/siswi kita kedalam aplikasi PDUM sampai pada cetak kartu peserta yang akan digunakan untuk login di aplikasi UAMBN.

Dalam hal pendataan kita diberikan fasilitas mudah berkenaan dengan mendaftarkan siswa / siswi kedalam aplikasi berupa template berformat xlsx yang sangat mudah cara simpannya beda dengan template emis yang sulit dalam membuat template csv dan untuk pengisiannya terdiri dari beberapa kolom yang harus di isi oleh operator agar ketika diaploud bisa terbaca. yang dimana isi setiap kolomnya sebai berikut :

No urut : dalam hal ini kita cukup memasukkan angka 1 sampai nomer urut terakhir siswa kita

NSM    : NSM yang dimasukkan adalah NSM Madrasah kita contoh 131235250099

NISN   : di isi dengan NISN setiap siswa kelas akhir

Nama  : di isi nama siswa / siswi kita

Rombel : cukup di isi angka 1 jika rombelnya cuma satu tapi jika rombelnya lebih maka input sesuaikan dan dilanjut angka 2 dan seterusnya

Jenis Kelamin : menggunakan kode yaitu L/P

Tempat Lahir : masukkan tempat lahir siswa sesuai akte/ijazah siswa

tanggal Lahir : Masukkan tanggal lahir siswa dengan format 2002-09-25 tanpa tanda petik

NISM            : masukkan NISM siswa contoh 131235250099180001

Agama          : Sudah jelas

Nama Orang Tua : sudah jelas

Sesi : isikan sesuai sesi yang akan kita pilih 

Server            : isi angka 1 jika server yang digunakan cuma 1 dan bisa dilanjut untuk Madrasah yang menggunakan server lebih dari satu maka di isi 2 dan seterusnya untuk siswa yang menggunakan server 2 dan seterusnya.

Jurusan : Masukkan jurusan IPA jika siswa tersebut jurusan IPA dan masukkan jurusan IPS jika siswa tersebut jurusan IPS dan lain sebagainya. ini di isi khusus untuk tingkat MA saja karena MTs tidak ada jurusan maka tidak perlu.

Setelah data sudah terisi semua maka tinggal kita save saja dan data tinggal di aploud ke aplikasi Pangkalan Data Ujian Madrasah (PDUM) dan insyaallah data di terbaca dan masuk ke dalam aplikasi.



“TERIMA KASIH”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *