Cara Mengisi Template Detail Siswa Utamanya Template UN Jenjang Sebelumnya DI EMIS

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Admin Bawean : Proses updating data EMIS semester 1 tahun pelajaran 2019/2020 ada perbedaan dari pendataan sebelumnya yang dimana kita fokus pada pembahasan template detail.

Pada semester ini kita di berikan kemudahan dalam melakukan updating data terkait dalam melengkapi detail siswa yakni kita tidak perlu mengisi satu persatu di EMIS online. Dalam hal ini kita di anjurkan melengkapi detail siswa menggunakan template yang telah di sediakan oleh pengembang.

Permasalahan yang banyak dihadapi dalam menggunakan template adalah masalah mengoperasikan file csv yang dimana kita tidak asal membuka file karena bisa jadi struktur yang ada didalamnya rusak. maka dalam hal ini kita harus menggunakan bantuan mbah google bagi teman – teman yang officenya tidak suport membuka csv. klo admin sendiri menggunakan office excel 2013 yang dimana sudah bisa mendukung dalam membuka file csv tanpa alat bantu online. bagi teman – teman yang officenya tidak suport maka gunakan convert online csv to exel di https://convertio.co/id/csv-xlsx/ atau menggunakan exel online di alamat https://www.google.com/intl/id_id/sheets/about/.

Untuk pengisian detail terdapat 6 template yang harus kita kerjakan jika masih ada data yang belum di isi. jika saat kita unduh template ternyata isinya kosong maka detail tersebut sudah lengkap dan kita tidak perlu lagi mengisi.

Untuk panduan pengisian bisa DIBACA DISINI

Adapun template tersebut adalah sebagai berikut :

1. Template Kebutuhan Khusus

Pada template ini sudah jelas jika siswa tidak ada kebutuhan khusus maka cukup isi 0 dan jika ada maka cukup kita isi 1

2. Template NIK, NISN dan NIS Lokal

Pada template ini juga jelas jika anak sudah lengkap NIK, NISN dan NIS Lokal maka tidak perlu kita kerjakan biarpun data yang kita unduh ada data siswanya. dan pada kolom – kolomnya sudah jelas yang harus kita isi.

3. Tempat Tinggal

Pada template ini juga jelas kita cukup isi sesuai perintah dan kita perlu tahu kode Provinsi, Kabupaten dan Kecamatan.

untuk kode tersebut seluruh Indonesia bisa di lihat DISINI

4. Informasi Orang Tua

Pada template ini juga sudah jelas isiannya tidak ada yang membingugkan.

5. Alamat Tinggal Orang Tua

Pada template ini juga sudah jelas isiannya tidak ada yang membingugkan.

6. Template UN jenjang sebelumnya

Pada template ini yang agak membingungkan karena disini kita harus mengisi sesuai permintaan sistem. misal nomer pesrta UN jenjang sebelumnya harusnya di isi sesuai dengan nomer saat ini tapi emis meminta sesuai dengan nomer peserta tahun – tahun sebelumnya yakni : 1-19-05-10-415-001-8 padahal harusnya tidak demikian untuk siswa tahun kemaren yang lulus yakni pada NUS terdiri dari 4 angka dan harus terdiri dari 20 karakter termasuk spasi, koma dan titik seperti contoh DN-05 Dd-10  0012728 yang dimana setelah angka 10 harus di spasi sampai 2x agar terhitung menjadi 20 digit. untuk lebih jelasnya seperti gambar dibawah ini :




“TERIMA KASIH”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *