Cara Mengatur Absensi Guru Secara Kolektif Dengan Tambahan Menu Tanpa Jadwal Di SIMPATIKA 2018/2019

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Sebelum menggunakan menu tanpa jadwal diharapkan agar berkordinasi dengan admin Kabupaten masing-masing jika ada perintah untuk digunakan maka silahkan gunakan. karena setiap Kabupaten berbeda – beda kebijakan.

Admin Bawean : Seiring dengan berkembangnya aplikasi SIMPATIKA untuk menjawab kebutuhan data dalam proses memberikan pelayanan bagi guru yang bersertifikasi dan guru yang belum sertifikasi dan juga data – data lain terkait Madrasah dan personal guru.

Dengan berkembangnya aplikasi SIMPATIKA untuk memberikan laporan tentang proses dan perjalanan di setiap Madrasah maka perlu adanya pemberian laporan berupa data baik itu melalui input ataupun aploud. agar pihak yang menaungi mengetahui keadaan dalam sebuah Madrasah.

Aplikasi SIMPATIKA yang saat ini dikenal oleh kalangan Madrasah sebagai basis data untuk memberikan tunjangan untuk para guru berstatus sertifikasi dan yang masih akan disertifikasi sesuai dengan syarat yang telah diberikan.

Terkait dengan pemberian tunjangan bagi guru sertifikasi maka SIMPATIKA membuatkan modul untuk meekam segala proses input yang dilakukan di SIMPATIKA dari mulai mengaktifkan data personal sampai mendapatkan SK tunjangan dan tak lupa yang menjadi pendukung yaitu absensi di SIMPATIKA yang dimana absensi di SIMPATIKA sangat berpengaruh terhadap pemberian tunjangan guru yang dimana jika rekap keseluruhan pada absensi lebih dari batas maksimal yakni 14 hari maka SKAKPT tidak digenerate dan akhirnya tunjangan tidak bisa dibayarkan.

Bicara masalah absensi guru di SIMPATIKA bahwa beberapa hari yang lalu SIMPATIKA sudah mengaktifkan menu baru yaitu menu  tanpa jadwal yang dimana menu ini digunakan untuk guru yang tidak punya jadwal dihari itu. Untuk itu jika sudah ada arahan dari admin Kabupaten/Kota untuk menindak lanjuti menu tersebut maka kita harus punya cara agar bisa cepat dalam melakukan absensi guru tersebut.

Sebelum adanya fitur ini, kita bisa melakukan absensi secara kolektif dengan cara mencentang kotak kecil di bagian kiri atas dan saat inipun bisa tapi  jika kita ingin melakukan absensi sesuai jadwal yang kita input di SIMPATIKA maka kita perlu mempunyai file exel yang kita bisa downloud di menu  downloud dan kita bisa mengatur absensi sesuai jadwal yang kita input di SIMPATIKA.

Adapun caranya adalah :

1. Kita downloud file exel pada menu unggah data absensi.

2. Setelah itu kita copi sebanyak hari dalam satu minggu dan rename sesuai hari. seperti gambar dibawah ini.



3. Setelah itu kita isikan status kehadiran sesuai jadwal pada hari masing – masing, misal kita isi hadir dan tanpa jadwal. Seperti gambar dibawah ini.



4. Setelah semua hari dalam satu minggu di isi kehadirannya sesuai jadwal yang di input di SIMPATIKA maka file tersebut bisa kita gunakan untuk melakukan absensi kehadiran sesuai jadwal dan itu bisa digunakan setiap bulan jadi kita tidak perlu repot – repot mengeksekusi satu persatu, tinggal kita aploud saja sesuai hari karena jadwal minggu pertama pasti sama dengan minggu kedua dan begitu seterusnya dan jika pada hari tersebut ada guru yang tidak mengajar atau bolos maka tinggal kita edit saja lagi di absensinya PTK tersebut.

5. Setelah kita punya file tersebut kita tinggal aploud saja sesuai harinya jika hari senin maka yang di aploud file absensi hari senin dan begitu seterusnya tinggal kita menggeser ke  kanan dan kekiri untuk di aploud perhari.

“TERIMA KASIH”


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *