Cara Membuat File Exel Berekstensi CSV Untuk Di Aploud Di Menu PPDB EMIS Online Semester Ganjil 2018/2019

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Admin Bawean : Update data siswa baru pada EMIS online pastinya akan terus dilakukan pasca penerimaan peserta didik baru setiap tahunnya, Update data peserta didik baru pada tahun sebelumnya tentu kita sudah tahu bahwa semester sebelumnya kita memasukkan siswa peserta didik baru dengan melakukan input satu persatu untuk siswa baru yang berasal dari sekolah umum seperti (TK,SD,SMP) tapi untuk EMIS online semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 menggunakan 2 cara yaitu dengan cara input manual dan juga bisa menggunakan uploud data dengan menggunakan exel tapi dengan ekstensi CSV yang dimana format file yang berektensi CSV kurang begitu dikenal di dunia pendataan Madrasah, jadi disini admin akan membahas bagaimana merubah file exel berekstensi xls ke file exel berekstensi CSV.

Cara merubah format file berekstensi xls/xlm ke format file berekstensi CSV tentunya banyak dari teman – teman operator madrasah yang paham, tapi tidak menutup kemungkinan masih ada yang belum tahu caranya maka dari itu admin coba memberikan tutorial agar mudah dipahami dan di aplikasikan sehingga kita bisa gunakan dengan sebaik – baiknya untuk melengkapi data siswa baru yang berasal dari sekolah umum.

Untuk merubah file exel yang berekstensi xls ke format file berekstensi CSV sangat mudah, cukup kita siapkan file exelnya yang tentunya sudah sama format isinya dengan di EMIS yang sudah di siapkan.

Jika belum punya bisa langsung DOWNLOUD DISINI

Adapun langkah – langkahnya sebagai berikut :

1. Siapkan file exel yang sudah didownloud dan sudah di isi data siswa yang akan di masukkan di EMIS khusu siswa dari sekolah/umum.

2. Setelah itu kita buka file tersebut, misal admin contohkan seperti gambar dibawah ini :


3. Setelah itu klik file yang admin kasih kotak merah di atas maka akan tampil seperti gambar dibawah ini :


4. Kemudian klik save as maka akan tampil seperti gambar dibawah ini :


5. Kemudian klik browser seperti gambar di atas yang admin lingkari merah, maka akan tampil seperti gambar dibawah ini :


6. Kemudian klik pada kotak save as type dan pilih type CSV (Comma delimited) seperti yang admin lingkari diatas dan kemudian klik save.

7. Kemudian masuk kepenyimpanan yang kita pilih dan kemudian cek hasilnya seperti gambar dibawah ini.

8. File CVS seperti gambar yang admin lingkari di atas.

9. File tinggal di aploud di menu PPDB pada EMIS Online semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 dengan aturan yang diberlakukan oleh sistem.

10. Sebelum diaploud pastikan data sudah benar


“SELAMAT MENCOBA, SEMOGA BERHASIL”
“TERIMA KASIH”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *