Asesmen Kompetensi Guru, Kepala dan Pengawas Madrasah Akan Segera Di Gelar Kemenag

Asesmen Kompetensi Guru, Kepala dan Pengawas Madrasah Akan Segera Di Gelar Kemenag – Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama akan segera melaksanakan asesmen kompetensi bagi guru, kepala, dan pengawas madrasah (AKG, AKK, dan AKP). Proses penyelenggaraanya mulai disosialisasikan dalam Rapat Koordinasi Teknis Pelaksanaan AKG, AKK dan AKP yang berlangsung di Malang.

Hadir secara virtual, Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani berpesan agar guru, kepala, dan pengawas madrasah mempersiapkan diri untuk mengikuti asesmen. “Terus belajar, terutama dalam memahami literasi digital,”. 

Asesmen Kompetensi Guru, Kepala dan Pengawas Madrasah Akan Segera Di Gelar Kemenag

Guru Besar UIN Sunan Gunung Djati Bandung ini berharap pelaksanakaan asesmen kompetensi berdampak pada pemetaan sekaligus peningkatan kompetensi guru, kepala, dan pengawas madrasah. Ada beberapa indikator peningkatan kompetensi yang berbasis asesmen, yaitu: peningkatan kompetensi perencanaan (planning ability), integritas (integrity), manajemen tata kelola (well-organised), penguatan yang berkelanjutan (continuous empowerment), dan rasional (rational). 

“Seluruh guru, kepala, dan pengawas diharapkan bisa menjadi the winner dan the learner, tidak ada yang menjadi the looser,”. 

Hal senada disampaikan Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah, Muhammad Zain. Dia berharap, program asesmen kompetensi ini mampu membenahi kualitas leadership, sekaligus mengembangkan jiwa entrepreneur guru, kepala, dan pengawas madrasah. “Kualitas leadership yang baik adalah ketika mereka mampu memperlihatkan visi dan misi yang berkualitas, serta mampu menunjukkan arah yang baik kepada peserta didiknya maupun para binaannya,”.

“Ada lebih 440 ribu guru, kepala, dan pengawas madrasah. Rencananya, asesmen akan digelar secara bertahap mulai November 2020,”.

Koordinasi Teknis Pelaksanaan AKG, AKK, dan AKP ini diikuti 40 peserta. Mereka adalah para Kepala Bidang Pendidikan Madrasah/Pendidikan Islam dan Kasi Guru Madrasah pada Kanwil Kementerian Agama Provinsi. Kegiatan ini juga melibatkan beberapa unsur terkait seperti Pengawas Madrasah, Kepala Madrasah dan Tim IT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *