Iklan

Guru PAI Bakal Ikuti PPG Sebanyak 7.474

Guru PAI Bakal Ikuti PPG Sebanyak 7.474 - Kementerian Agama akan menyelenggarakan Pendidikan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam Tahun 2021 dengan jumlah peserta 7.474 guru PAI.

Hal ini ditegaskan Direktur PAI, Rohmat Mulyana dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Penyelesaian Persoalan TPG dan PPG di Bogor, 30 Maret 2021.

Rohmat menyampaikan Anggaran PPG Guru PAI tahun ini bersumber dari dua pembiayaan yaitu APBN dan Pemerintah Daerah. “Ada kuota 5.000 guru yang bersumber dari APBN dan 2.474 guru PAI yang akan dibiayai Pemerintah Daerah”.
adminbawean.com - Guru PAI Bakal Ikuti PPG Sebanyak 7.474
Dalam rangka merespon dukungan Pemerintah Daerah, Rohmat akan mempercepat proses PPG Guru PAI. “Dalam data kita saat ini ada lebih dari 20 ribu guru PAI yang telah lulus pretest PPG, oleh karena itu dengan adanya bantuan pembiayaan pemda akan memperpendek antrian panjang PPG ”,.

Dukungan pembiayaan dari Pemda adalah wujud kepedulian Pemerintah Daerah terhadap kesejahteraan dan kualitas Guru PAI. “Rohmat harapkan ke depan akan lebih banyak lagi Pemda yang membantu pembiayaan PPG, sehingga semakin banyak guru PAI yang terakomodasi dalam PPG,".

Sementara itu, Kasubdit PAI pada PTU, M. Munir menambahkan skema penyelenggaraan PPG Tahun 2021 tengah disiapkan. “Sementara ini sudah ada 23 LPTK yang siap menjadi tempat penyelenggaraan PPG Guru PAI dan 5 LPTK sedang tahap pengesahan, Kemenag sedang menghitung sebaran alokasi peserta agar proporsional antara jumlah peserta, asal provinsi dengan LPTK”.

Hal demikian juga diamini oleh Anis Masykhur, “korlap” sertifikasi guru GPAI sekaligus panitia nasional PPG Dalam Jabatan Kementerian Agama. Bahkan, menurutnya, untuk pengendalian kualitas sertifikasi melalui jalur pendidikan ini, pelaksanaan PPG akan dibagi ke dalam dua tahap.

Tahap pertama akan dilaksanakan awal bulan Juni, sedangkan
Tahap kedua akan dilaksanakan awal September.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel