Blogroll

Materi Sosialisasi Kegiatan Survei Audit Akurasi Data Pendidikan Islam

Materi Sosialisasi Kegiatan Survei Audit Akurasi Data Pendidikan Islam - Saat ini,sebuah sistem manajemen pengetahuan berbasisteknologi telah menjadi alat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang berkelanjutan.

Sistem manajemen pengetahuan semacam ini tidak hanya dapat menghasilkan data dengan lebih cepat dan lebih akurat, namun juga memungkinkan untuk melakukan analisa data sebagai masukan yang valid dan bermanfaat bagi sistem pendidikan.
Materi Sosialisasi Kegiatan Survei Audit Akurasi Data Pendidikan Islam
Menyadari kekuatan teknologi dan potensi big data ini, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag) mengembangkan sistem manajemen pengetahuan unik yang disebut Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (EMIS), yang sudah dikembangkan sejak tahun1998.

EMIS mengelola banyak data pendidikan Islam, yang terdiri dari Raudhatul Athfal(RA), Madrasah Ibtidaiyah(MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA) dari seluruh Indonesia. Berdasarkan tampilan dashboard EMIS saatini, sistem sudah mencakup sebanyak 30.104 RA;25.816 MI;18.351 MTs; dan 9.131 MA dan 28.518 Pondok Pesantren, atau setara dengan hampir 15 juta siswa, dan lebih dari 1juta guru dan tenaga kependidikan (Website: EMIS Pendis Kemenag).

Kegiatan survei ini bermaksud untuk mengeksplorasi lebih jauh tantangan dan peluang yang di hadapi oleh operator sistem EMIS dan bagaimana hal tersebut dapat berdampak pada sistem manajemen pengetahuan secara keseluruhan. Kegiatan ini juga bertujuan untuk mempelajari kualitas data yang dikumpulkan, yang akan dicapai dengan menganalisis keseluruhan proses. Mulai dari pengkajian sistem pendataan, infrastruktur terkait, mekanisme, dan pengelolaan sumber daya manusia.

Untuk file lengkap Materi Sosialisasi Kegiatan Survei Audit Akurasi Data Pendidikan Islam bisa ---------- DOWNLOAD DISINI ----------

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel