Blogroll

Esensi KI-KD KMA 183 Tahun 2019 Mapel Al-Qur'an Hadits MA

Esensi KI-KD KMA 183 Tahun 2019 Mapel Al-Qur'an Hadits MA - Kurikulum PAI dan Bahasa Arab dikembangkan atas dasar kebutuhan akan perubahan rancangan dan proses pendidikan dalam rangka memenuhi dinamika kehidupan keberagamaan, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. PAI dan Bahasa Arab di madrasah dirancang untuk mendukung terwujudnya madrasah sebagai agent of change (agen perubahan) dan social reconstruction (rekonstruksi sosial) untuk menyiapkan peserta didik yang memiliki sikap moderasi keberagamaan dan berkontribusi secara optimal dalam upaya membangun knowledge-basedsociety (masyarakat berbasis pengetahuan) dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. PAI dan Bahasa Arab diharapkan tidak hanya menjadikan peserta didik sebagai pribadi yang tekun beribadah akan tetapi juga memiliki kepekaan sosial serta berkontribusi membangun masyarakat yang sejahtera dan berkeadilan.

Esensi KI-KD KMA 183 Tahun 2019 Mapel Al-Qur'an Hadits MA

Kurikulum PAI dan Bahasa Arab dimaksudkan untuk memenuhi tuntutan perwujudan konsepsi pendidikan yang bersumbu pada perkembangan peserta didik beserta konteks kehidupannya sebagaimana dimaknai dalam konsepsi pedagogik transformatif. Konsepsi ini menuntut bahwa kurikulum hams didudukkan sebagai wahana pendewasaan peserta didik sesuai dengan perkembangan psikologisnya dan mendapatkan perlakuan pedagogis sesuai dengan konteks lingkungan dan zamannya.Penataan kembali distribusi materi yang tumpang tindi antar jenjang dan antar kelas termasuk perumusan level kompetensi yang ditingkatkan untuk membekali peserta berfikir kritis dan inovatif salam penataan kesinambungan dan keselarasan perumusan antara KD1 sikap spiritual, KD 2 sikap sosial, KD 3 pengetahuan dan KD 4 keterampilan serta penguatan mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab pada aspek sikap dan keterampilan beragama dibanding pengetahuan atau kognitif.

File lengkap Esensi KI-KD KMA 183 Tahun 2019 Mapel Al-Qur'an Hadits MA bisa --------------------------- DOWNLOAD DISINI --------------------------

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel