Blogroll

Asesmen Kompetensi Guru (AKG) Di Platform Digital SIMPATIKA 2020

Asesmen Kompetensi Guru (AKG) Di Platform Digital SIMPATIKA 2020 - Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama merencanakan asesmen kompetensi bagi guru, kepala dan pengawas Madrasah (AKG, AKK, dan AKP).

Rencana strategis ini di harapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan islam dalam peningkatan mutu pembelajaran melalui peningkatan mutu guru, kepala madrasah dilaksanakan melalui skema Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB). Fokus program tersebut dilakukan di kelompok kerja terdekat yaitu melalui kegiatan dalam Kelompok Kerja Guru (KKG), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK), Kelompok Kerja Madrasah (KKM) dan Kelompok Kerja Pengawas (Pokjawas) Madrasah.
Asesmen Kompetensi Guru (AKG) Di Platform Digital SIMPATIKA 2020

Linimasa Platform Digital SIMPATIKA

  1. 2015 = Rilis SIMPATIKA
  2. 2016 = Verval NRG
  3. 2017 = Linieritas TPG
  4. 2018 = SKMT & SKBK
  5. 2019 = SKAKPT & PPG
  6. 2020 = AKG, PKB dan Program GTK Lainnya

Alur Untuk Guru

  1. Guru login di SIMPATIKA menggunakan akun individu masing - masing
  2. Jika guru belum melakukan verval ijazah maka wajib melakukan verval ijazah terlebih dahulu
  3. Guru memilih mata pelajaran AKG berdasarkan linieritas sertifikat pendidiknya atau ijazah S1/D4nya. Pemilihan mata pelajaran juga dilihat berdasarkan jenjang satminkalnya.
  4. Guru memilih Tempat Asesmen Guru  (AKG) yang terdekat dari satminkalnya.
  5. Kankemenag Kabupaten/Kota memberikan persetujuan/penolakan berdasarkan profil dan kuota dari calon peserta di wilayahnya.
  6. Guru mencetak surat keterangan peserta AKG

Catatan Lokasi Ujian AKG

  1. Pendataan kandidat lokasi ujian dilaksanakan oleh Kankemenag Kab/Kot
  2. Tempat / Lokasi ujian sebaiknya tersedia minimal 1 tempat di setiap Kab/Kota
  3. Asumsi satu lokasi ujian memiliki min. 20 PC (20 peserta ujian) per sesi (2 jam persesi) dan 3 sesi per hari (9 sesi dalam 3 hari). Total kapasitas 180 peserta ujian perlokasi dalam 3 hari
  4. Jumlah lokasi ujian disesuaikan dengan jumlah calon peserta AKG di setiap wilayah Kab/Kota yang ditentukan oleh Kankemenag Kab/Kota.
Untuk file lengkap Asesmen Kompetensi Guru (AKG) Di Platform Digital SIMPATIKA 2020 bisa ------------------- DOWNLOAD DISINI ---------------------

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel