Blogroll

Ingin Sukses Ajuan PIP di Verval Admin Kabupaten? Ini Langkahnya

Ingin Sukses Ajuan PIP di Verval Admin Kabupaten? Ini Langkahnya - Sebagaimana surat edaran Pendataan Usulan PIP tertanggal 2 September 2020 dengan nomor surat B-1802/Dt.I.I/PP.03.1/09/2020 bahwasanya  Proses pengusulan siswa calon penerima PIP Tahun 2020 terintegrasi dengan pendataan EMIS periode Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan Sasaran pengajuan usulan calon penerima PIP Tahun 2020 adalah siswa kelas baru hasil PPDB Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021, yaitu kelas 1 (MI), kelas 7 (MTs) dan kelas 10 (MA) yang sudah tercatat dalam database EMIS.
Ingin Sukses Ajuan PIP di Verval Admin Kabupaten Ini Langkahnya
Dengan di rilisnya surat edaran tersebut berarti dimulainya pendataan yang tentu sebelumnya harus melengkapi data siswa PPDB baik Kelas 1 (MI), 7 (MTs) dan 10 (MA) baik itu profile siswa ataupun detail siswa agar data tersebut ketika masuk pada Data Siswa (FUM) sudah lengkap dan apabila sebelumnya belum lengkap maka jangan keburu - buru untuk dilakukan ajuan dan jika sudah terlanjur klik ajukan maka silahkan dibatal dulu karena jika sudah masuk Data Siswa (FUM) perubahan detail di EMIS tidak merubah data di Data Siswa (FUM).

Terkait dengan siswa yang sudah masuk pada Data Siswa (FUM) dan sudah melengkapi berkas aploud bukan berarti tugas kita berakhir karena beberapa hari ini admin memantau adanya perkembangan perbaikan utamnya pada berkas yang di aplou karena kebanyakan yang sudah apload besoknya di cek malah hilang dan itu akan sangat berpengaruh terhadap ajuan PIP ketika di proses verval admin Kabupaten yang bisa jadi ditolak karena berkas aploud tidak bisa dibuka ketika admin Kabupaten akan memverval pengajuan PIP dari lembaga.

Dari kasus yang banyak admin temui di beberapa group yang di alami oleh teman - teman di antaranya file yang sudah di apload besoknya dibuka sudah tidak bisa maka dari itu admin ingin membagi tips sukses pengajuan PIP di aplikasi EMIS PIP yaitu :
  1. Melengkapi data isian di EMIS terkait profil dan detail siswa kelas 1 (MI), 7 (MTs) dan 10 (MA) sebelum melakukan klik AJUKAN di menu Pengajuan FUM dan jika sudah terlanjur maka silahkan batal dulu dan lengkapi terlebih dahulu di EMIS baru setelah itu kita lakukan klik AJUKAN di menu Pengajuan FUM agar data detail siswa terbaca pada Daftar Siswa (FUM).
  2. Selalu berkordinasi terhadap Admin Kabupaten ataupun jika kesulitan menghubungi admin Kabupaten maka cukup selalu melakukan pengecekan pada file yang di apload dan jika file tidak bisa dibuka maka silahkan lakukan apload ulang karena jika di akun Madrasah file tidak bisa dibuka maka di akun Kabupaten juga tidak bisa dibuka.
  3. Untuk ukuran file yang di apload admin rekomendasikan menggunakan ukuran dibawah 100 kb karena yang sudah admin coba file apload diatas 100 kb itu besoknya admin cek lagi sudah tidak bisa dibaca tapi file apload ukuran dibawah 100 kb alhamdulillah sampai saat ini masih bisa dibuka.
  4. Untuk nama file apload jangan menggunakan tanda petik agar bisa di apload.
Dari tips yang admin bagikan merupakan usaha kita untuk mengikuti prosedural yang ada baik itu nanti akan membuahkan hasil atau tidak yang penting kita sudah usaha dan jika kita tidak usaha artinya kita tidak melengkapi data - data yang tentu sudah jelas kita tidak akan mebuahkan hasil yang karena jelas kita sudah tidak memenuhi ketentuan yang ada.

Kemudian admin sedikit tambahkan informasi terbaru terkait perkembangan fitur dan perbaikan di EMIS PIP buat refrensi bapak/ibu operator tingkat Madrasah agar punya gambaran seperti apa menu yang ad di akun Kabupaten jadi kita bisa mengambil langkah - langkah yang baik agar sukses dalam melakukan pengajuan EMIS PIP yaitu :
  • Pengguna tingkat Kabupaten ada perbaikan terkait dengan view file pendukung.
  1. panah merah adalah file yang berhasil diupload, jika di klik akan terlihat filenya, jika terjadi kegagalan. jika terjadi kegagalan bisa disebabkan Koneksi internet terganggu, ukuran file yang melebihi yang diperbolehkan (maks 200kb),  jenis file yang salah, atau penamaan file yang menandung spasi (contoh:'nama file ini salah.jpg' seharusnya 'nama_file_ini_benar.jpg', atau tekadang kita menggunakan nama kiriman dari whatapp dengan sama seperti 'WhatsApp Image 2020-09-16 at 10.54.54.jpeg' seharusnya di edit terlebih dahulu.)
  2. panah ungu merupakan file yang tidak dapat dibuka. bisa jadi karena gagal unggah atau siswa-siswa tersebut masih sebatas diajukan dan belum melengkapi file dokumen pendukung)
  • Penambahan Menu untuk melihat data yang sdh di verval
  • Perubahan Informasi Ringkasan untuk mempermudah pemantauan
  • Hasil pengecekan random, ada kabupaten yang melakukan approval dengan/tanpa di sertai dengan pengecekan lampiran. semoga hal ini segera di perbaiki oleh teman2 tingkat kabupaten/kota, dan selalu berhati2 dalam melakukan verval.
contoh pada laman depan tercatat 18 siswa sudah diverval, setelah dicek detail, ternyata tidak ada satupun dokumennya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel