Blogroll

Empat Komponen Dalam Instrument Akreditasi Satuan Pendidikan Tahun 2020 (Format Power Point )

Empat Komponen Dalam Instrument Akreditasi Satuan Pendidikan Tahun 2020 (Format Power Point ) - Akreditasi Nasional Sekolah / Madrasah sebagai badan evaluasi mandiri yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 bertugas menetapkan kelayakan program dan/atau satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah jalur formal dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan (SNP) sudah mengubah perangkat akreditasi dengan mengedepankan pendekatan prinsip dasar agar sekolah/madrasah yang dapat melakukan perbaikan kualitas secara terus menerus terkait kinerja sekolah (performance). Adapun untuk pemenuhan aspek administrasi (compliance), akan memanfaatkan data pokok pendidikan baik di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan maupun di Kementerian Agama.

Empat Komponen Dalam Instrument Akreditasi Satuan Pendidikan Tahun 2020


Dalam pelaksanaan akreditasi tentunya dikemas dalam Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) dan disajikan dalam empat komponen dan dua puluh subkomponen.

Empat Komponen dalam Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) 2020

1. Komponen Mutu Kelulusan

komponen Mutu Lulusan mempunyai  14 (empat belas) butir yang terdiri atas 11 (sebelas) butir inti dan, 2 (dua) butir untuk kekhususan sekolah menengah kejuruan dengan nomor urut indikator 12 dan 13. Satu butir untuk kekhususan sekolah luar biasa dengan nomor urut indikator 4.

2. Komponen Proses Belajar

Jumlah butir komponen Proses Belajar adalah 10 (sepuluh) yang terdiri atas 7 (tujuh) butir inti dan, 2 (dua) butir untuk kekhususan sekolah menengah kejuruan dengan nomor urut indikator 8 dan 9. Satu butir untuk kekhususan sekolah luar biasa dengan nomor urut indikator 10.

3. Komponen Mutu Guru

Jumlah butir komponen Mutu Guru adalah 6 (enam) yang terdiri atas 4 (empat) butir inti dan, 2 (dua) butir untuk kekhususan sekolah menengah kejuruan dengan nomor urut indikator 5 dan 6.

4. Komponen Manajemant Sekolah/Madrasah

Jumlah butir komponen Manajemen Sekolah/madrasah adalah 20 (dua puluh) yang terdiri atas 13 (tiga belas) butir inti dan, 4 (empat) butir untuk kekhususan sekolah menengah kejuruan dengan nomor urut indikator 14, 15, 16, dan 17. Sejumlah 3 (tiga) butir untuk kekhususan sekolah luar biasa dengan nomor urut indikator 18, 19, dan 20.
Untuk empat komponen Dalam Instrument Akreditasi Satuan Pendidikan Tahun 2020 tersebut yang sudah di kemas dalam bentuk power point Bisa Di Download Disini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel