Blogroll

Cara Menjalankan Server UAMBN-BK / USBN-BK Tanpa Menggunakan Client

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Admin Bawean : Kebutuhan akan peningkatan ilmu pengetahuan khususnya dibidang jaringan sangat penting bagi seorang proktor yang dimana kesehariannya selalu menghadapi yang namanya server dan clien yang akan dijadikan alat untuk melaksanakan Ujian Berbasis Komputer. Keseharian proktor tidak lepas dengan proses syincronisasi atau update aplikasi seperti yang dialami saat ini yakni proses syincronisasi UAMBN-BK dan USBNBK yang bersamaan yang dimana proktor diharapkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh pihak yang mempunyai kewenangan dalam hal tersebut.

Proses update aplikasi dan syincronisasi UAMBN-BK / USBN-BK yang saat ini sedang marak diperbincangkan diberbagai group proktor UAMBN-BK / USBN-BK yang dimana pada aplikasi tersebut selalu ada pembaharuan yang harus dilakukan dan terkadang info tersebut terkesan mendadak karena adanya penambahan dan perubahan yang di kembangkan agar lebih memudahkan para proktor menjalankannya dan hal tersebut diharapkan menjadi kunci suksesnya acara Ujian Utama karena adanya proses pembaharuan dan perkembangan guna meminimalisir setiap kendala yang dihadapi oleh setiap proktor Madrasah yang diharapkan aplikasi ini siap dan bisa berjalan normal pada pelaksanaan ujian utama makanya di adakan berbagai simulasi agar tingkat kesiapan Madrasah, sarana dan server pusat lebih maksimal lagi dan bisa berjalan sempurna utamanya bisa sukses untuk semua lembaga yang berada di naungan Kementerian Agama.

Proses pengerjaan aplikasi USBN dengan berbagai proses yang harus ditempuh akhirnya admin tidak bisa menyelesaikan pekerjaan dan apabila diteruskan maka bisa jadi nginep di Madrasah dan akhirnya admin putuskan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan menggunakan laptop dirumah dan admin copy VDI yang sudah admin kerjaakan sebelumnya dan paste di perangkat laptop untuk kemudian dijalankan menggunakan laptop.

Karena admin lupa membawa hub, komputer ataupun router untuk dijadikan clien maka dari itu admin mencoba mencari cara agar server bisa dijalankan tanpa menggunakan client dan alhamdulillah uji coba tersebut berhasil dan saat ini admin sudah bisa menyelesaikan dan untuk cara ini bisa digunakan disaat dibutuhkan yakni disaat kita butuh melakukan syincronisasi yang dimana saat itu kita tidak punya alat utuk dijadikan client yang artinya kebetulan kita cuma ada server saat tersebut dan cara ini bisa digunakan agar kita bisa melakukan proses syincronisasi data.

Adapun langkah - langkahnya sebagai berikut:

1. Kita seting dulu adapter ke clien untuk adapter yang ke client kasih IP seperti biasa yakni 192.168.0.199

2. Kemudian seting IP VirtualBox Host-Only Network dengan IP menggunakan segmen 0 yaitu : 192.168.0.1

3. Kemudian kita seting virtual di bagian menu network/Jaringan dengan setingan seperti gambar di bawah ini :


4. Untuk adapter 1 sementara kita gunakan host only adapter untuk diarahkan ke LAN virtual box dan untuk adapter 2 tetap kita gunakan nat tidak perlu dirubah

5. Setelah itu jalankan dan lakukan proses syncronisasi.

6. Setelah proses syncronisasi jangan lupa kembalikan setingan seperti biasanya agar bisa berjalan ketika server dihubungkan ke client.

7. Untuk cara ini bisa dilakukan agar bisa melakukan syncronisasi dengan keterbatasan client untuk dihubungkan jika sarana saat itu sudah cukup maka cara ini tidak perlu dilakukan.

"TERIMA KASIH"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel